Home » , » Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Terpencet Sendiri

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Terpencet Sendiri

Written By Arief Rahman Hakim on 30 May 2013 | 15:14

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Terpencet Sendiri - Ketika mengetik tanpa melihat tombol keyboard, kedua jari telunjuk saya selalu mencari posisi huruf ‘f’ untuk telunjuk kiri dan ‘j’ untuk telunjuk kanan. Kedua tombol ini telah diberi tanda berupa benjolan khusus, sehingga kedua telunjuk dapat mudah mencarinya dan menempatkan posisi dengan pas.

Namun, alangkah kagetnya saya karena tombol ‘j’ saya tiba-tiba sangat sensitif. Belum ditekan sudah mengeluarkan huruf j dalam jumlah banyak sekali. Wow! kontan saya kaget. Wah-wah ne tombol pasti sedang error. Sensi banget tuh hehehe :-) maklum mungkin terlalu banyak diajak online sampai tombol ‘j’ menjadi sensi. Saya coba lagi menyentuh -bukan menekan- tombol ‘j’, ternyata benar tombol ini sudah tidak berfungsi normal lagi.

Saya pun melakukan pengecekan seluruh tombol keyboard netbook. Barangkali yang lagi sensi bukan hanya tombol ‘j’ tetapi juga tombol lain. Alhasil tombol ‘>’ pun sedang sensi. Pengecekan saya lakukan menggunakan software keyboard checker yang dapat di download gratis dari internet. Insya Allah akan saya buatkan tutorialnya di kesempatan berikutnya. Dari pengecekan tersebut memang benar tombol ‘j’ dan tombol ‘>’ tidak berjalan sebagaimana mestinya. Baru disentuh sedikit huruf ‘j’ dan ‘>’ sudah nongol puluhan di notepad.

Wah! inilah saatnya saya istirahatnya si netbook. Saya langsung melakukan Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Terpencet Sendiri. Insya Allah teman-teman semua pasti bisa melakukannya sendiri. Tentu dengan panduan teknisi komputer gratis ini. Nah yuk langsung saja kita simak pengalaman saya membongkar dan menyembuhkan dua tombol penting tersebut.

Peralatan yang dibutuhkan :
1. Cutter
2. Obeng minus kecil
3. Kuas lembut

Nah inilah step by step cara Memperbaiki Keyboard Laptop Terpencet Sendiri :
  1. Matikan netbook kita untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan.
  2. Congkel perlahan tombol yang bermasalah, dalam kasus saya ini tombol ‘j’ dan tombol ‘>’. Mencongkelnya bisa menggunakan obeng minus kecil atau ujung cutter
  3. Bersihkan menggunakan kuas, dalam kasus saya ternyata dibawah tombol ‘j’ dan ‘>’ ini banyak sekali kotoran terutama dari debu.
  4. Sisipkan ujung cutter dibawah plat yang berada dibawah karet lentur tombol keyboard Anda.
  5. Gerak-gerakkan ujung cutter tersebut pelan-pelan dan berhati-hatilah jangan sampai memutus jalur keyboard. Lakukan berulang kali, karena penyebab sensitifnya keyboard adalah karena kotoran atau karat atau debu lembab yang menempel di bawahnya.
  6. Hidupkan laptop Anda. Coba sentuh karet tombol huruf yang bermasalah.Dalam kasus saya, tombol ‘j’ dan ‘>’. Ternyata tombol ‘j’ belum berhasil. Saya pun mengulangi cara ke 5 pada sisi plat yang lain. Saya cek lagi dan Alhamdulillah berhasil! :-)
  7. Tutup kembali karet keyboard dengan tombol yang telah dilepas tadi. Caranya cukup mudah, hanya dengan memasang dan menekannya tombol telah terpasang kembali.
  8. Ucapkan Alhamdulillah, akhirinya tombol saya sembuh total dan tidak sensi lagi. Sebagai maintenance saya pun membersihkan sela-sela keyboard menggunakan kuas lembut. Atau jika punya, bisa menggunakan mini vacuum cleaner.
Demikianlah artikel tentang Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Terpencet Sendiri, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi anda. Terima kasih atas kunjungannya.

tips-komputer.com

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik, komentar yang mengandung sara, pornografi dan spam akan saya hapus dari blog ini.